Cara Membuat Label Undangan



Apakah Anda ingin membuat label undangan? daripada membuatnya rumit secara manual dengan tulisan tangan atau kata-kata menggunakan tulisan tangan. Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat label undangan dengan bantuan Excel dan Word. Kami dapat membuat label dengan nomor label yang berbeda seperti 103, 107, 121, dan nomor label lainnya.

Fitur pelabelan tidak hanya tersedia di Microsoft Office terbaru. Kita dapat melakukan ini dalam berbagai versi seperti 2007, 2010, 2013, 2015, 2016, dan 2017.

Nomor label yang paling umum digunakan adalah 103 dan 121. Kita dapat membuat sebanyak 12 label.

Selain menggunakan Microsoft Office Word. Kami juga membutuhkan Microsoft Office Excel untuk membuat data undangan seperti nama dan alamat penerima undangan tersebut.

Persiapan Membuat Label Otomatis

Untuk melakukan ini terlebih dahulu, kami menyediakan aplikasi Microsoft Office Word dan Excel. Kita dapat menggunakan versi 2007 dan di atasnya. Selain itu, pastikan untuk menyediakan kertas label danpenggaris (misal Label kertas nomor 103). Setelah semuanya diatur. Langkah pertama adalah membuat data undangan di Microsoft Excel.

Cara Membuat Data Label Undangan

Baik itu undangan untuk sunat, pernikahan, atau undangan lainnya. Biasanya label berisi nama dan alamat orang yang kami undang. Buat daftar nama dan alamat undangan di Microsoft Office Excel. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Setelah selesai, harap simpan data penerima undangan. Langkah selanjutnya adalah membuat templat label di Microsoft Word.

Buat Template Label Undangan

Template itu sendiri akan digunakan sebagai tempat di mana nama dan alamat penerima ditulis. Pastikan kita sudah menyediakan kertas label dan penggaris yang akan kami gunakan untuk mencetak label undangan. Misalnya  di sini menggunakan label nomor 103.

Cara membuat templat label undangan:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word dan buat dokumen baru
  2. Kemudian klik Ribbon Mailings> Labels Labels. Pada jendela Envelopes and Labels silahkan klik tombolOptions.
  3. Maka akan keluar jendela Label Option. Kemudian pilih New Label.
  4. Kemudian jendela Label Details akan muncul. Di sini kita harus hati-hati. Isi semua kolom sesuai dengan ukuran label yang akan kita gunakan. Berikut ini adalah contoh ukuran nomor label 103. Bagi mereka yang menggunakan nomor label lain di bawah ini, ada penjelasan untuk masing-masing kolom ini:
    • Label Name: Nama label yang akan kita buat misalnya “Label 103”
    • Batas atas: Jarak ke batas atas. Antara tepi atas kertas ke tepi atas label.
    • Margin samping: Jarak ke margin samping. Antara tepi kertas ke tepi label.
    • Bidikan Vertikal: Tinggi label ditambah jarak vertikal ke label di bawahnya
    • Pitch Horisontal: Lebar label diperpanjang ke horizontal dengan label di sebelahnya
    • Tinggi label: Tinggi label
    • Lebar Label: Lebar label
    • Jumlah dalam Referensi: Jumlah kolom pada kertas label (nomor label 103 adalah 3 kolom)saya Number Down: Jumlah baris pada kertas label (nomor label 103 adalah 4 baris)
    • Ukuran halaman: Pilih Kustom
    • Lebar halaman: Lebar kertas label keseluruhan
    • Tinggi Halaman: Tinggi keseluruhan lembar label

  1. Setelah semua kolom diisi dengan ukuran kertas label yang benar, kami klik OK.
  2. Masih di jendela Amplop dan Label. Pastikan label aktif adalah yang baru saja kita buat. Kemudian klik New Dokument.
  3. Kemudian dokumen akan secara otomatis terbuka dalam format kertas sesuai dengan templat label yang kita buat sebelumnya. Sekarang saatnya untuk memasukkan data penerima undangan yang kami buat menggunakan Excel ke dalam templat kami yang baru dibuat

.

Memasukkan Data Undangan dari Excel ke Word

Ini adalah langkah terakhir untuk secara otomatis membuat label undangan.

Cara membuat label undangan secara otomatis sebagai berikut:

Pada menu Ribbon Mailings, pilih menu Select Recipients dan kemudian klik Use Existing List. Pilih file Excel yang berisi data penerima undangan yang kami buat di langkah pertama.

  1. Di jendela Select Table pilih per lembar tempat kita mengetik nama dan alamat undangan. Contoh dalam trik pertama dan kemudian pilih Sheet1 $ dan klik OK.
  2. Tempatkan kursor di kolom atau label pertama (sudut kiri atas) lembar kerja Word. Di sebelah menu Ribbon Maillings, klik opsi Insert Certificate Insert Merge Field dan pilih drop NAMA.
  3. Kemudian << NAME >> akan muncul di lembar kerja. Kemudian tekan enter lalu ketikkan kata “in“. Masukkan kembali dan ulangi langkah sebelumnya. Pada menu Ribbon Mailing, klik Insert Merge Field, lalu pilih ADDRESS drop down. Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut.
  4. Isi kolom yang sama dengan kolom pertama. Kita bisa mendapatkannya. Kemudian arahkan << Nama >> kolom kedua. Lalu klik RulesNext Record. Ulangi sampai semuanya penuh seperti gambar berikut.
  5. Untuk menampilkan nama dan alamat sesuai dengan data yang dibuat sebelumnya di Excel. Klik Ribbon Mailing dan kemudian klik Edit Dokumen Individual, lalu pilih ALL lalu klik OK.
  6. Jika kita membuat banyak data biasanya MS. Kata tersebut akan mengalami nama “tidak merespons“. Namun jangan buru-buru menutup aplikasi. Tunggu beberapa detik hingga aplikasi berjalan normal dan data akan terbuka dengan sukses
  7. Setelah selesai dan cukup. Langkah selanjutnya adalah mencetak label. Kita juga bisa menyimpannya di komputer kita.

Nah itulah cara untuk membuat label undangan sederhana di laptop. Semoga artikel ini membantu anda membuat undangan label. Selamat Mencoba!.

 

Tinggalkan komentar